Rabu, 20 Juli 2011

Program Pemberdayaan Ekonomi

Posted by Program Kemitraan & Bina Lingkungan Kalsel 12.01.00, under | No comments

Program Pemberdayaan Ekonomi yang dilaksanakan oleh Pupuk Kaltim menggunakan kerangka Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sesuai Peraturan Menteri Negara BUMN No.: Per-05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.
PKBL merupakan Program Pembinaan Usaha Kecil dan pemberdayaan lingkungan melalui pemanfaatan dana dari bagian keuntungan perusahaan. Sumber dana program kemitraan berasal dari laba bersih perusahaan maksimal 2%, pengembalian pinjaman dari mitra binaan, dan bunga dari alokasi dana yang belum disalurkan. Untuk program bina lingkungan, sumber dana dari bagian laba bersih perusahaan yang besarnya 2%.
Melalui Program Pemberdayaan Ekonomi, Pupuk Kaltim memberikan bantuan permodalan berupa pinjaman dana bergulir bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), baik yang ada di kota Bontang, maupun wilayah Kalimantan lainnya, yaitu Kaltim, Kalbar, Kalsel dan Kalteng.
Selain bantuan modal kerja, mitra binaan juga diberikan bantuan dalam bentuk hibah dalam bidang Teknik Produksi, Manajemen dan Pemasaran. Hibah tersebut berupa pelatihan, penelitian, magang, promosi/iklan, pameran, bantuan peralatan, dan sebagainya.
Sedangkan kegiatan Bina Lingkungan yang telah dilaksanakan oleh Pupuk Kaltim meliputi bantuan kepada masyarakat di bidang: Kesehatan Masyarakat, Pendidikan, Sarana Umum, Sarana Peribadatan, Pelestarian Lingkungan, dan Bantuan Bencana Alam.
Penghargaan yang telah dicapai oleh Pupuk Kaltim berkaitan dengan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat sebagai berikut :

  1. Tahun 2008 - Menerima Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2007 atas keberhasilan penerapan prinsip transparansi disektor dunia usaha yang diterima pada tanggal 12 Agustus 2008
  2. Tahun 2007 - Menerima Penghargaan Danamon Award atas keberhasilan pengembangan masyarakat pesisir pada tanggal 7 Desember 2007
  3. Tahun 2002 - Menerima The Best BUMN on Community Development Program Award untuk program community development dari BUMN Review.
  4. Tahun 1999 - Menerima Penghargaan dari Presiden RI atas keberhasilan pembinaan di bidang Pendidikan Masyarakat pada hari Aksara Internasional, tanggal 2 September 1999.
  5. Tahun 1999 - Pupuk Kaltim Menerima Penghargaan dari Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya atas keberhasilan dalam pembinaan tenun batik tradisional pada tanggal 31 Juli 1999
  6. Tahun 1999 - Pupuk Kaltim Menerima Penghargaan dari Gubernur Kalimantan Timur atas keberhasilan dalam merealisasikan Program Pendidikan Luar Sekolah pada tanggal 22 Juli 1999.
  7. Tahun 1997 - Pupuk Kaltim Menerima Penghargaan Olah Raga Nasional dari Wakil Presiden RI, atas keberhasilan dalam pembinaan olah raga pada Hari Olah Raga, tanggal 9 September 1997.
Berikut ini adalah penghargaan yang diterima oleh Mitra Binaan atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan usaha:
  • Yuliana seorang pengusaha wanita asal Kalimantan Barat yang telah berhasil mengembangkan usaha dengan mengolah lidah buaya (aloe vera) menjadi berbagai jenis makanan dan minuman mendapat penghargaan Upakarti dari Bapak Presiden Republik Indonesia pada bulan Januari 2009.
  • Sunarno, pengusaha elektronik dan penggemukan sapi, berhasil mengembangkan usaha dan menjadi teladan di Barito Kuala, Kalimantan Selatan, meraih Juara dua Citibank Award dari Citigroup Micro-entrepreneurship untuk kategori Jasa dan Kesenian pada tahun 2007.
  • Alipurrahman, pengusaha muda dari Sengatta, Kelimantan Timur pada tahun 2006 mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan Olahraga atas keberhasilannya menciptakan alat press body motor.

0 komentar:

Posting Komentar